Jakarta Aquarium rangkul Miss Earth Indonesia 2018 suarakan Program LAUTKU BERSIH ke ajang International

Jakarta, Juli 2018 –Jakarta Aquarium kenalkan program misi “LAUTKU BERSIH”, gerakan langkah nyata mengurangi buang sampah plastik di lautan Indonesia kepada finalis Miss. Earth Indonesia 2018 pada tanggal 3 Juli ini, dalam rangka persiapan kampanye lingkungan hidup di ajang International.
Pada kesempatan ini Jakarta Aquarium juga jabarkan keragaman satwa laut dan sungai, terumbu karang, hutan bakau, serta konservasi satwa laut langka Indonesia dengan harapan para finalis Miss Earth Indonesia 2018 dapat menyuarakan misi ini bersama lebih dari 100 orang finalis Miss Earth International dari berbagai belahan dunia serta masyarakat untuk sadar
lingkungan, melakukan perubahan dan menjaga ekosistem laut.
Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, terbentang dari barat ke timur sepanjang lebih dari 5000 kilometer, memberikan kontribusi besar bagi kelautan dunia. Kekayaan dan kehidupan laut Indonesia berada di bawah berbagai ancaman dari polusi sampah plastik dan perusakan ekosistem. Dengan jutaan orang Indonesia mengandalkan laut untuk makanan, mata pencaharian, dan rekreasi, sudah patut nya seluruh masyarkat Indonesia mengambil andil dalam melestarikan salah satu sumber daya paling penting di Indonesia dan dunia ini.
Sangat disayangkan, berdasarkan data penelitian dari Jambeck et al Science 2015, Indonesia tercatat dalam peringkat kedua di dunia sebagai penghasil dan penyumbang sampah plastik ke laut setelah Tiongkok. Permasalahan ini tak luput dari keprihatinan kita dan menjadi salah satu dari sekian banyaknya masalah lingkungan hidup yang menjadi fokus dari Miss Earth Indonesia tiap
tahunnya. Dan di tahun 2018, Miss Earth Indonesia yang dinaungi oleh Yayasan EL JOHN bergabung dengan Jakarta Aquarium suarakan misi “LAUTKU BERSIH”.
“ Tidak hanya Miss Earth Indonesia 2018 dan Jakarta Aquarium saja yang akan berkontribusi, melainkan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kementrian Pariwisata pun sangat senang mendukung kampanye peduli lingkungan hidup ini, mereka pun sudah datang ke Jakarta Aquarium dan melihat betapa indahnya kehidupan biota laut untuk kita menjaganya “, Johnnie Sugiarto, Founder Yayasan EL JOHN mengeaskan.”
Sebagai daerah tujuan wisata laut Indonesia pun memegang peran yang sangat penting sebagai daya tarik wisatawan global. Pesona bawah laut Indonesia di kenal diberbagai belahan dunia. Namun delapan juta ton sampah plastik berakhir di laut dunia setiap tahun. Setelah berada di laut, setiap bagian dari sampah plastik tersebut bisa memakan waktu ribuan tahun untuk terurai, dan ketika itu terjadi, jutaan potongan kecil plastik – tidak pernah "menghilang.
Dampak yang terbesar berimbas pada hewan laut dan keragamannya. Saat ini, sekitar 700 spesies laut terancam punah karena polusi plastik baik melalui konsumsi, keterikatan atau paparan racun – jumlah ini terus meningkat seiring dengan banyaknya sampah plastik yang dibuang kelaut. “….Tanggung jawab kita bersama untuk jaga laut Indonesia dari sampah plastik. Miss Earth saya yakin bisa suarakan gerakan LAUTKU BERSIH dan menjadi duta kampanye perduli laut”, Hans Manansang, Direktur Jakarta Aquarium menegaskan. “kami berharap dengan melihat keindahan laut, satwa langka, terumbu karang dan biota laut yang ada di Jakarta Aquarium, masyarakat tergugah untuk melestarikannya juga”, tambahnya.

Tentang EL JOHN – Miss Earth 2018
EL JOHN Indonesia merupakan yayasan Non-Profit yang bergerak dalam bidang pembinaan generasi muda Indonesia untuk berperan secara aktif dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia melalui pendidikan formal, nonformal maupun informal.
Yayasan EL JOHN Indonesia secara konsisten mengirimkan perwakilan-perwakilan generasi muda yang berkualitas ke ajang Internasional untuk mengharumkan nama Indonesia di mata dunia.
Sejak tahun 2013, Miss Earth Indonesia diselenggarakan oleh Yayasan EL JOHN Indonesia mengirimkan duta ke ajang Miss Earth International — kontes yang berfokus pada menyuarakan masalah-masalah lingkungan hidup yang perlu dibenahi bersama ini berada di peringkat 3 dari 5 besar kontes kecantikan di dunia.

Tentang Jakarta Aquarium
Jakarta Aquarium adalah Aquarium berkelas dunia, rumah dari ratusan ragam satwa laut dan air tawar persembahan Lembaga Konservasi Taman Safari Indonesia yang di dukung oleh teknologi mutahir dan tenaga tenaga ahli Indonesia. Aquarium megah berbasis progam edukasi ini bekerja sama dengan Aquaria KLCC Malaysia, dikemas dengan konsep menghibur, fun dan relaxing
sekaligus mendidik untuk memenuhi kebutuhan wisata terkini bagi masyarakat dalam segala tingkat usia, terletak strategis di Jantung kota Jakarta Barat, Mall Neo Soho.
Jakarta Aquarium yang baru saja di buka ini menghadirkan lebih dari 600 jenis satwa laut maupun sunggai, termasuk satwa langka dan asli Indonesia, seperti Ikan Kerapu raksasa berbobot 300 kg, Kelomang (Coconut Crab), Ubur – Ubur, Hiu, ikan Pari, reptil, amfibi, berang-berang dan masih banyak lagi.dan atraksi-atraksi pendidikan dunia bawah laut , Jakarta Aquarium meraih penghargaan bergengsi “Indonesia Leading Conservation Destination 2017” dalam ajang apresiasi wisata.
Sebagai penggiat misi konservasi, Jakarta Aquarium galakan misi “LAUTKU BERSIH” secara rutin mengajak masyarakat mengenal lebih lanjut kekayaan satwa dan biota laut Indonesia, datang dan membuka wawasan generasi muda terutama anak anak untuk perduli atas kelestarian alam dan kebersihan laut.

Tetap setia pada misi pelestarian dan edutainment Jakarta Aquarium tampilkan pengalaman mendalam, bagai memasuki dunia bawah laut yang membuat para pengunjung merasa mereka hidup selaras dengan keajaiban lautan. Pengalaman tak terlupakan dan atraksi istimewa dalam Jakarta Aquarium adalah; “Aqua Trekking” (berpetualang menjelajahi laut dengan simulator kapal selam 5D), “Theatre – Sea Explorer” (berkenalan dengan Penguin Humbolt di Pingoo Restaurant), “Theatre show – Pearl of the South Sea” (pertunjukkan teater spektakuler putri duyung), “Mangrove trails” (menjelajah hutan bakau dan bertemu ular piton putih) “feeding piranha” (memberi makan ikan piranha yang ganas) www.jakarta-aquarium.com

Related posts

Leave a Comment