Thu. Jan 17th, 2019

UD Trucks Indonesia Tunjukkan Upaya ‘Going the Extra Mile’ dengan Berfokus Pada Sumber Daya Manusia

Bpk. Antonius Sapto Pamungkas - Kepala Divisi Kendaraan PT. Duta Lintas Nusa yang juga merupakan pembimbing Bpk. Eko Yulianto, Bpk. Ridho Fathir - Unit Manager PT. Duta Lintas Nusa, Eko Yulianto - Pengemudi PT. Duta Lintas Nusa dan Pemenang dari EMC final global, dan Mr. Valery Muyard - Presiden Direktur UD Trucks Indonesia,

Jakarta, December, 2018 – UD Trucks Indonesia yang merupakan pemain penting dalam industri truk tanah air menutup tahun 2018 dengan menunjukkan komitmen kuat dalam memaksimalkan potensi sumber daya manusia. Melalui upaya ‘Going The Extra Mile’, UD Trucks berhasil membuktikan bagaimana aspek sumber daya manusia merupakan salah satu elemen paling berpengaruh dalam mendukung kemajuan industri truk di Indonesia.

This slideshow requires JavaScript.

Seiring dengan meningkatnya prospek sektor logistik yang terus membaik di Indonesia, UD Trucks yang merupakan produsen truk ternama asal Jepang tidak hanya memperlihatkan fokusnya pada penyediaan produk-produk yang dapat diandalkan, namun juga berfokus pada pemberdayaan manusia yang turut berperan dalam industri tersebut. Salah satu aspek terpenting yang menjadi perhatian bagi UD Trucks adalah pengemudi yang juga merupakan dasar dari perancangan produk-produk truk UD yang mengutamakan kenyamanan pengemudi.

Melalui janji merek ‘Going The Extra Mile’, program terbaik UD Trucks dalam memaksimalkan potensi pengemudi adalah melalui kompetisi pengemudi tahunan yaitu kompetisi Extra Mile
Challenge (EMC) yang diadakan untuk menemukan pengemudi dengan keterampilan mengemudi terbaik. Pada gelaran final global kompetisi EMC, perwakilan dari UD Trucks Indonesia berhasil membawa angin segar bagi profesi pengemudi truk. Bapak Eko Yulianto yang merupakan kandidat terpilih untuk mewakili Indonesia yang mana sebelum melaju ke final kompetisi global telah melalui serangkaian pendidikan dan pelatihan dengan kualifikasi berstandar internasional.

Melalui dukungan penuh dari UD Trucks Indonesia, Eko Yulianto yang berasal dari PT. Duta Lintas Nusa berhasil membawa pulang gelar juara umum serta menjadi yang terbaik pada kategori efisiensi bahan bakar melalui produk Quester, beliau berhasil menjadi yang terdepan dari negara-negara peserta lainnya seperti Malaysia, Thailand, Mauritius, dan Qatar. Program kompetisi pencarian pengemudi terbaik UD Trucks ini berhasil memberikan banyak keuntungan dari berbagai sisi baik dari sisi bisnis pelanggan maupun dari sisi kontribusinya terhadap kemajuan industri truk.

Eko Yulianto merupakan pengemudi ke-3 dari Indonesia yang berpartisipasi dalam ajang kejuaraan EMC final global. Karirnya sebagai pengemudi truk ditekuni dengan mengikuti berbagai macam pendidikan serta pelatihan. Sebelum melaju ke babak final global, Eko berhasil melalui seleksi ketat dengan standar internasional. Eko mengatakan,”Kompetisi ini telah membuka mata saya akan pentingnya edukasi yang telah diajarkan oleh tim UD Trucks selama ini. Dengan sistem Best Coaching Fuel, dan produk yang handal seperti Quester, saya tidak hanya bisa memaksimalkan apa yang telah saya pelajari selama ini, tetapi juga memampukan saya untuk terus berusaha menjadi yang terbaik dan mampu bersama menjaga loyalitas atasan saya.”

Valery Muyard, Presiden Direktur dari UD Trucks Indonesia mengatakan,”Komitmen UD Trucks dalam memberikan pendidikan dan pelatihan terbaik bagi pengemudi adalah hal mutlak yang harus terus kami jalankan. Dengan kemenangan dari Bapak Eko Yulianto kali ini membuktikan bahwa upaya “Going The Extra Mile” bagi pengemudi kami membawa hasil yang sangat membanggakan dan hal ini juga merupakan tombak bagi UD Trucks Indonesia untuk memberikan dukungan terus-menerus bagi pengemudi truk tanah air, karena dengan bertambahnya pengemudi truk yang teredukasi dengan baik, akan diiringi dengan kemajuan industri truk di berbagai aspek baik dari aspek keselamatan hingga kepuasan pelanggan.”

Mendukung pernyataan Valery, CEO dari Astra UD Trucks Aloysius Chrisnoadhi menambahkan,”Kehandalan pengemudi bagi UD Trucks sangat penting dan kami bangga turut beperan serta dalam hal ini. Pengemudi handal tak hanya akan meningkatkan keselamatan di jalan raya, juga dapat menghemat pemakaian bahan bakar lebih dari 10%. Selain itu, beliau akan fasih dalam perawatan harian secara benar. Tentunya ini akan sangat membantu kami dalam menjaga loyalitas terhadap mitra bisnis UD Trucks di seluruh Indonesia.”

Bagi UD Trucks, kemenangan dalam ajang perlombaan EMC, berdampak sangat besar dari segala sisi UD Trucks. Dari perlombaan ini pengemudi diajarkan serta diuji pada tiga area utama yaitu pre-driving inspection, fuel efficiency dan safe driving, serta manuevering dan parking. Sehingga dilihat dari aspek para mekanik di UD Trucks, akan lebih mudah dalam memantau dan menservis kendaraan, karena terjaga dengan baik. Sisi sumber daya manusia pun meningkat terdampak dari pengalaman dan ilmu yang dialami oleh pengemudi yang telah berhasil memenangkan kejuaraan. Dan terakhir, dari sisi pemasaran dan penjualan meningkat karena pengalaman dan cerita yang dibawakan oleh pengemudi kepada masyarakat.

Menutup konferensi pers hari ini, Valery menegaskan kembali komitmen UD Trucks dengan mengatakan,”Kemenangan ini merupakan gambaran tepat bagi kami memperlihatkan komitmen “Going The Extra Mile” untuk pelanggan dan pengemudi, dan kami berharap di tahun-tahun kedepan jumlah pengemudi dengan keterampilan terbaik akan terus bertambah seiringan dengan langkah-langkah besar yang akan dilakukan oleh UD Trucks. Perkembangan produk-produk kami di pasar Indonesia, akan terus didukung oleh upaya kami dalam memberikan program-program bermanfaat bagi pelanggan dan pengemudi.”

Leave a Reply

%d bloggers like this: