Friday, October 25, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeHeadlinesSWARNADWIPA (Neera Alatas)

SWARNADWIPA (Neera Alatas)

ISEF, 28 Oktober 2020″warnaplus.com” – Dalam Virtual Fashion Show ISEF 2020 kali ini Neera Alatas menggunakan kain tapish asil pengrajin binaan Bank Indonesia (BI) perwakilan Lampung.

Untuk tema/ judul yang diusung adalah “Swarnadwipa” yaitu dalam bahasa Sansekerta Swarna dwipa adalah Pulau Sumatera. Swarna dwipa berasal dari kata “Suwarnadwipa” yaitu pulau emas atau “Suwarnabhumi” yaitu tanah emas. Disebut Pulau Emas karena pada bukit barisanya membujur sepanjang Pulau Sumatera terkena lbanyak menyimpan kandungan emas dan banyaknya logam mulia yang diperdagangkan. Lampung adalah sebuah provinsi paling selatan diPulau Sumatera yang memiliki cukup banyak kandungan emas, sehingga mempengaruhi budaya masyarakat khususnya cara pembuatan dan motif kain tradisional Lampung.

Kain tapis merupakan kain etnik suku Lampung yang terbuat dari tenunan benang kapas yang dihias dengan sulaman benang emas atau benang perak yang menjadi simbol kemapanan status sosial, kemewahan dan kemakmuran masyarakat Lampung. Dahulu kain Tapis dipakai oleh kalangan elite suku asli Lampung dari kalangan keluarga pemimpin adat atau pemimpin suku pada upacara adat, kain Tapis memiliki makna dan nilai yang tinggi, sehingga dijadikan persembahan atau hadiah dari raja-raja kepada penguasa.

Warna yang dipadukan adalah warna-  warna Bold seperti hitam, emas, biru, krem dan hijau dengan sentuhanan benang berwarna emas dan silver. Bahan yang digunakan yaitu kain tapis, kaintenun, tulle, organzadanlace.Meskipun warna yang digunakan bold namun tetap sesuai dengan Brand DNA Neera Alatas. Detail yang digunakan adalah bebatuan payet mutiara dan swarovski Siluet yang diambil adalah siluetA-line, siluet X dansiluet Y. (Icho)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments