Friday, October 18, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
HomeEventsIndonesia Fashion WeekIFW 2023 telah melakukan perhelatan ke 10 di Industri Fesyen

IFW 2023 telah melakukan perhelatan ke 10 di Industri Fesyen

IFW 2023 Dongkrak Industri Fesyen ke Pentas Dunia

Jakarta,Warnaplus-Indonesia Fashion Week (IFW) 2023 yang digelar pada 22 hingga 26 Februari resmi dibuka pada Rabu (22/2) di JCC, Jakarta.

Dalam sambutannya, Ketua  Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) sekaligus Presiden IFW Poppy Dharsono  mengatakan 10 tahun IFW adalah sebuah perjalanan yang belum panjang dan memberikan pelajaran bagi para pelaku usaha  dalam membangun infrastruktur fashion di Indonesia.  “Untuk terlaksananya IFW,  APPMI berkolaborasi dengan Dekranasda dan UMKM. Tujuannya untuk mengekpresikan budaya lokal setempat dan heritage. Sehingga mampu memperkuat kemandirian di bidang ekonomi kerakyatan,” jelas Popy Dharsono.

Lebih lanjut dikatakan Popy, “Dua tahun sudah roda ekonomi kreatif hilang karena Pandemi. Khususnya tekstil dan garmen, akan tetapi setelah Pandemi berakhir, fesyen kembali bergairah dan prestasi, seperti ajang ini,” ucap Popy.

Popy dalam kesempatan tersebut juga mengatakan, IFW 2023 bertujuan untuk menggerakkan UMKM seperti sedia kala dan berbhineka tunggal Ika. IFW 2023 didukung penuh oleh  provinsi Gorontalo. ” Untuk tampil disini, IFW telah melakukan proses inkubator di Gorontalo. Inkubator berfungsi untuk meningkatkan desain, branding dan memamerkan. Semoga program inkubator mampu menghasilkan UMKM yang diimpikan oleh bangsa Indonesia dan provinsi Gorontalo,” ucapnya.

Menparekraf Sandiaga Uno saat membuka acara mengatakan bahwa ekonomi Indonesia saat ini menduduki peringkat ke-3, ” kita kalah dari Amerika dan Korea. Salah satu penyumbang terbesar PAD Indonesia adalah industri fashion sebesar 17,6 persen. Saya yakin industri fashion bisa menjadi pemenang dan penyumbang kedua setelah kuliner. Namun yang penting nilai ekspor 61,5 persen dari total 5,95 M USD dan mampu menyerap tenaga kerja. Desainer salah Hero dalam kebangkitan Indonesia.

IFW tahun ini mengangkat tema segara dari timur dengan 250 desainer dan 400 ekshibitor. Kemenparekraf berharap ajang ini bisa memberikan Kontribusi sebesar 7,4 persen sementara nilai ekspor ditargetkan 5 M USD.

“Kita harus menjadi tuan rumah di negeri sendiri jadi IFW pendorong kebangkitan ekonomi kita sesuai dengan visi kita Gerak cepat, geber dan gas pol. Garap semua potensi terutama online. IFW bertahan 10 tahun karena membangun SDM yang kuat. IFW mengukuhkan pelaku fesyen tuan rumah dinegeri sendiri. Oleh karena itu gunakan kesempatan ini sebaik mungkin dikarenakan akan menjadi tuan rumah bagi para pemimpin Asean sehingga mendorong kebangkitan ekonomi,” ucap Sandiaga Uno menutup sambutannya.

R Indra Rezky Kencana Dewa
R Indra Rezky Kencana Dewahttps://www.warnaplus.com
MICE & Lifestyle Portal Contact: +6287889015567 [WA & Call] Advertising: +6287889015567 [WA] Email: [email protected]
RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments