ALE Hackathon 2018

0
11
Pemenang ALE Hackathon Award : Nama/Tim: Indonesia Diaspora Connect (App: Diaspora Connect) 1. Arief Hakim Askar ( Kanan) 2. Arrival Dwi Sentosa ( Kiri ) 3. Zendi Iklima (Tengah/diwakilkan)

Kontribusi ALE untuk Dorong Inisiatif Cloud di Indonesia

 Jakarta, 22 September 2018 – Rangkaian kompetisi ALE Hackathon yang telah dibuka sejak 3 Mei lalu akhirnya memasuki tahap akhir, yaitu Final Stage. Hari ini (21/09) Alcatel-Lucent Enterprise secara resmi mengumumkan pemenang ALE Hackathon 2018 dalam acara Awarding Night yang digelar di Le Meridien Hotel, Jakarta. Program ini merupakan sebuah inisiatif yang menantang para pengembang untuk membuat aplikasi yang dapat menghubungkan manusia, bisnis dan perusahaan, untuk menjawab tantangan di 5 sektor, yaitu pemerintahan, kesehatan, perhotelan, pendidikan, dan transportasi.

Kompetisi yang sudah berlangsung selama 4 bulan ini berhasil mengumpulkan 183 proposal aplikasi berbasis platform Rainbow. Panitia kemudian menyeleksi 98 tim yang berhak melanjutkan ke tahap kualifikasi dan semifinal, dan akhirnya memilih 35 tim untuk babak final pada 19-20 September 2018 di Jakarta. 20 tim teratas secara otomatis akan bergabung dengan Komunitas Pengembang Internasional ALE.

Penilaian ALE Hackathon yang dilakukan oleh panelis dari Alcatel-Lucent Enterprise terdiri dari Driss El Malki (Global CPaaS Development Director ALE), Samuel Tourbot (VP Cloud Business ALE APAC), and Adios Purnama (Country Manager ALE Indonesia). Sedangkan pakar vertical terdiri dari Ahyani Raksanegara (Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung), Budi Raharjo(Praktisi IT dan Dosen Teknik Elektro ITB), Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo, Badan Ekonomi Kreatif, dan Jakarta Smart City.

“Kami sangat puas dengan pelaksanaan ALE Hackathon yang pertama ini. Antusiasme para komunitas developer lokal dari seluruh Indonesia yang mengikuti kegiatan ini membuktikan bahwa potensi para generasi muda dalam mengembangkan aplikasi masih sangat besar. Dari hasil seleksi dan penilaian yang panjang, kami dengan bangga mempersembahkan para pemenang ini, yang kami anggap benar-benar telah berhasil menciptakan aplikasi kreatif dan inovatif berbasis platform Rainbow. Dan kami juga berharap melalui ALE Hackathon bisa membantu pemerintah Indonesia mewujudkan program 1000 start up di Indonesia,” jelas Adios Purnama, Country Manager ALE Indonesia yang juga mewakili juri.

Samuel Tourbot, Vice Pesident of Cloud Business ALE APAC juga memberikan apresiasi besar pada ALE Hackathon Indonesia yang merupakan inisiatif pertama di ALE global. “ALE Hackathon adalah salah satu program inovatif dari ALE yang berkontribusi dalam mendorong inisiatif cloud di Indonesia yang kami nilai masih sangat besar dan potensial. Total market share Cloud Computing secara global untuk tahun 2018 ini diprediksi mencapai US $178 milyar, dimana untuk pasar Indonesia sendiri diperkirakan sebesar Rp 33 triliun,” tambah Samuel Tourbot.

Pemenang ALE Hackathon 2018

Setelah melalui proses presentasi di babak final, dewan juri memutuskan 3 pemenang dengan hadiah dengan total nilai ratusan juta rupiah dan mendapatkan coaching clinic oleh ALE International Developer Team di Paris untuk Pemenang Pertama dan coaching clinic oleh Tim ALE Indonesia di Jakarta untuk Pemenang Kedua. Berikut hasil pemenang ALE Hackathon 2018:

 Pemenang 1  

Nama/Tim: Indonesia Diaspora Connect (App: Diaspora Connect)

  1.  Arief Hakim Askar
  2.  Arrival Dwi Sentosa
  3.  Zendi Iklima

  

       Hadiah     : – Coaching Clinic dari ALE International Developer Team selama 3 hari di Perancis,

      – Akomodasi di Perancis selama 4 hari 3 malam,

      – Tiket pesawat ke Perancis (pergi pulang),

      – Uang tunai,

      – Aplikasi pemenang ditampilkan di website ALE Indonesia & International Play store,

      – Aplikasi pemenang memenuhi syarat untuk pasar ALE Rainbow CPaaS di industri terkait.

 

      Runner Up:

      Nama       : Comrades (App: Comrades)

  1.  Tioreza Febrian
  2.  Fikri Adriansa Yudha
  3.  Adam Ibrahim Aji

  

      Hadiah     : 

      – Rainbow Coaching Clinic dari Tim ALE Indonesia selama 3 hari di Jakarta,

      – Akomodasi selama 3 hari 2 malam di Jakarta,

      – Uang tunai Rp 10.000.000,

      – Aplikasi pemenang ditampilkan di website ALE Indonesia & International Play store,

      – Aplikasi pemenang memenuhi syarat untuk pasar ALE Rainbow CPaaS di industri terkait.

 

Pemenang Favorit

Nama      : 35UTech (App: Tukang Dagang )

  1.  Try Setyo Utomo
  2.  Triana Giantara
  3.  Rijal Azani

      Hadiah     :

      – Uang tunai Rp 5.000.000,

      – Aplikasi pemenang ditampilkan di website ALE Indonesia & International Play store,

      – Aplikasi pemenang memenuhi syarat untuk pasar ALE Rainbow CPaaS di industri terkait.

 

###

Tentang ALE Hackathon

ALE Hackathon 2018 didedikasikan bagi para developer untuk menciptakan aplikasi menakjubkan berdasarkan platform Rainbow untuk menghubungkan manusia, bisnis, dan perusahaan. Di era digital dimana semua hal terhubung, ALE Hackathon 2018 mempromosikan mobilitas dengan menantang para developer untuk menciptakan aplikasi mobile android yang lincah yang bisa berkolaborasi baik dengan platform Rainbow dan memaksimalkan fitur-fitur Rainbow sebagai mesin hubungan.

ALE Hackathon Indonesia 2018 akan dibagi ke dalam empat tahap yaitu tahap pre-kualifikasi, kualifikasi, semi-final, dan final. Tahap pre-kualifikasi, atau pengiriman proposal, dibuka mulai 3 Mei 2018 hingga 31 Juni 2018. Di tahap kualifikasi, semua proposal yang masuk akan menjalani proses penilaian hingga 30 Juli 2018i. Pada tahap final, tim yang terpilih harus mepresentasikan ide dan aplikasinya pada tim juri mellaui presentasi tatap muka di Jakarta pada tanggal 19-20 September 2018. Malam Penganugerahan akan dilakukan pada 21 September 2018 di Jakarta. www.hackathon.openrainbow.id.

ALE menargetkan menerima sekitar 100 proposal aplikasi yang akan dinilai oleh tim juri yang terdiri dari ALE Rainbow Evangelist Team, pakar vertikal, dan ALE International Developer Team. Proposal yang masuk diharuskan menggunakan sebanyak mungkin fitur Rainbow yang ada. ALE Hackathon Indonesia 2018 menjadi salah satu bukti nyata kekuatan Indonesia dalam lanskap digital.

Tentang ALE Rainbow

Platform Rainbow adalah solusi cloud hybrid yang memberikan layanan komunikasi dan kolaborasi fungsional tinggi lintas batas. Platform ini menyediakan pesan instan, layanan suara dan video kualitas tinggi, dan aplikasi berbagi dokumen, serta kapabilitas konferensi multi-media dan multi-peserta antar manusia maupun antar mesin dan memungkinkan pengguna untuk terhubung dimanapun dan dari perangkat apapun.

Tentang Alcatel-Lucent Enterprise

Misi kami adalah membuat semua hal terhubung untuk terciptanya pengalaman teknologi yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Kami menyediakan jejaring dan komunikasi yang sesuai dengan karyawan, proses dan pelanggan Anda baik dari kantor, awan atau gabungan dari keduanya.

Warisan inovasi dan dedikasi terhadap kesuksesan pelanggan mengantarkan ALE (Alcatel-Lucent Enterprise) menjadi provider terkemuka dari jejaring, komunikasi, dan layanan enterprise ke lebih dari 830.000 pelanggan di seluruh dunia. ALE memiliki jangkauan global dengan fokus lokal dan didukung oleh lebih dari 2200 karyawan dan 2900+ partner yang melayani lebih dari 50 negara.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi  NewsroomBlogLinkedInFacebook, dan Twitter

Leave a Reply