Arborek , desa wisata di kawasan Raja Ampat yang memikat para wisatawan

0
20

Mencari Arborek melalui situs pencarian , akan menghasilkan banyak informasi keluar baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Namun apakah desa wisata Arborek?

 

Banyak yang belum mengetahui ada persyaratan tertentu yang harus dipenuhi agar sebuah desa dapat dikategorikan sebagai desa wisata.

Persyaratan tersebut diatur secara hukum dalam Undang-Undang Nomor 10 tahun 2009 tentang Kepariwisataan, meliputi unsur daya tarik wisata, fasilitas umum, fasilitas pariwisata, aksesibilitas, serta masyarakat yang saling terkait dan melengkapi terwujudnya kepariwisataan.

Namun pada intinya sebuah desa wisata harus dapat membangkitkan sebuah interaksi antara penduduk lokal dengan wisatawan yang datang, baik ini hanya untuk kunjungan wisata satu hari hingga menginap dalam jangka waktu tertentu di desa wisata tersebut.

Namun utamanya tentu adalah bagaimana transportasi untuk menuju desa wista ini.

Apabila dilihat dari google maps, dapat terlihat kota terdekat adalah Kota Sorong , dan untuk menuju ke Arborek harus melalui jalan laut, berawal dari pelabuhan Kota Sorong ke pelabuhan Waisai (ibu kota Raja Ampat) berlanjut ke desa wisata Arborek.

google-maps-desa-wisata-Arborek

Perjalanan dari pelabuhan Waisai ke Desa Wisata Arborek kira-kira 1 hingga 2 jam, tergantung jenis kapal yang digunakan. Ada juga kapal tol laut, namun karena sering melakukan pemberhentian di pulau-pulau yang banyak tersebar di wilayah Raja Ampat, maka estimasi sampai di desa wisata Arborek adalah malam hari, jika berangkat sehabis makan siang.

Selama perjalanan melalui lautan yang sangat luas ini, dapat terlihat betapa birunya laut serta di kejauhan warnanya berpendar kehijauan. Pemandangan ini amat memikat hati, ditambah karang-karang khas wilayah Raja Ampat yang terlihat sesekali, seolah memberi tanda akan memasuki wilayah yang unik dan bisa jadi bagaikan negeri dongeng.

karang-raja-ampat-nuty-laraswaty

Akhirnya, tiba juga di pulau Arboreks. Saat kapal hendak merapat. Serombongan turis sedang berlatih untuk melakukan snorkeling, adapun sekeliling banyak sekali ikan-ikan berenang berwarna warni membuat semua orang terpesona.

 

Desa Wisata Arborek tercatat memiliki luas tanah sekitar 6 hektar. Mayoritas penduduk beragama kristen, dan terdiri dari 40 kepala keluarga.

Para wisatawan dapat memutuskan melakukan kunjungan sehari saja , dapat pula menginap, karena ada beberapa tipe penginapan disini yang tersedia. Untuk menyewanya pun dapat melalui media sosial Instagram , Facebook yang memasarkan penginapan desa wisata Arborek.

Jika memutuskan hendak menginap, ada banyak ragam kegiatan yang dapat dilakukan selain snorkeling.

Foto-foto dengan latar matahari terbenampun , dapat menjadi daya tarik tersendiri untuk diposting melalui sosial media Instagram , Facebook maupun Twitter.

Bahkan menjadi pemanis pula, bagi foto tulisan pada blog hingga website reportase. Berikut adalah beberapa contoh goto-foto yang menarik, yang dapat dilakukan di desa wisata Arborek

senja-arborek

sunset-arborek-nuty-laraswatyayunan

Jangan khawatir akan ketersediaan pasokan listrik disini, karena penduduk menggunakan genset yang waktunya dibatasi serta beberapa lokasi juga menggunakan lampu dengan daya matahari.

arborek

Jika malam tiba, banyak sekali yang dapat dilakukan.

Bagi yang menyukai alam dan senang mendengarkan deburan ombak dan menikmati deburan ombak.

Maka disini, seolah menjadi rajanya untuk tempat menikmati. Terlebih lagi dengan adanya pondiokan yang terbuat dari kayu berada tepat di atas pinggir laut. Saat laut pasang, pasir yang tadinya nampakpun menghilang diganti air laut yang datang membanjiri disertai bunyi yang khas.

Apabila beruntung sampai di lokasi, saat sedang ada bulan purnama.

Wisatawan pun akan terpana melihat, cahaya bulan purnama yang begitu jernihnya dan pantulannya yang meninggalkan keajaiban di laut.

Apabila ingin memasak , tersedia dapur dan bila menginginkan yang lebih istimewa dapat membuat api unggun serta membakar ikan.

Toilet bersih memadaipun tersedia disini , dengan ketersediaan air yang sangat banyak melimpah. Jenis air payau, sehingga yang tak terbiasa , mungkin akan merasa sedikit lengket atau ganjil.

Ada menara BTS yang dibangun, mempermudah komunikasi bagi yang menggunakan telpon genggam.

 

Uniknya disini juga ada warung, sekolah, koperasi, tempat penyewaan peralatan menyelam dan snorkling, pojok suvenir hingga penyewaan kapal.

 

Leave a Reply