Bincang Shopee: Sambut Hari Anak Nasional 2018, Shopee Berikan Edukasi Mendidik Anak di Era Digital

JAKARTA, Juli 2018 – ​Perangkat digital dan akses internet telah menjadi bagian dari kehidupan anak-anak masa kini. Menyambut Hari Anak Nasional 2018 tahun ini, BincangShopee edisi ketiga membahas topik “Tips Cerdas Mendidik Anak di Era Digital” Acara yang merupakan kegiatan bulanan Shopee sebagai wadah bagi para pengguna dan masyarakat luas untuk berbagi ilmu dan solusi menampilkan Najeela Shihab, inisiator All Murid Semua Guru dan Keluarga Kita​, yang berbagi tips bagaimana orang tua dapat memastikan anak-anak mereka berinteraksi dengan teknologi dengan cara yang sehat dan bertanggung jawab.
Acara ini menandai salah satu komitmen Shopee untuk mendukung pendidikan dan pengembangan anak muda serta anak-anak Indonesia, khususnya di era digital.
“Sebagai perusahaan teknologi, penting bahwa Shopee juga berperan dalam membantu menciptakan lingkungan digital yang baik bagi pengguna. Untuk sesi BincangShopee ini, kami berharap kami dapat menginspirasi para orang tua untuk mengajari anak-anak cara menggunakan teknologi digital secara bijaksana sejak usia dini, dan juga membentuk anak-anak Indonesia menjadi generasi cerdas digital,” kata Rezki Yanuar, Country Brand Manager Shopee Indonesia ​.
Meskipun teknologi digital dapat digunakan untuk membantu anak-anak belajar dan berkembang, penting bagi orang tua untuk memantau jenis informasi apa yang dapat diakses, dan seberapa
sering anak-anak menggunakan gadget mereka. “Sebagai orang tua, kita perlu bersikap sensitif dan responsif, khususnya terkait aktivitas dan interaksi di dunia digital serta memahami tantangan
dan hambatan kita sebagai orang tua. Kita perlu membekali anak keterampilan dalam dunia digital dengan memberdayakan, bukan mengontrol, serta mencontohkan, bukan menasihatkan
sehingga dapat bertanggung jawab ketika berinteraksi di dunia digital,” ungkap Najeela​.
Nah, untuk orang tua, berikut adalah beberapa kiat untuk dapat mengasuh anak di dunia digital dengan baik:

1. Berdayakan Anak
Bukan sekadar melarang atau mengsensor materi digital, tapi juga membekali anak dengan keterampilan untuk dapat memilah dan memilih konten serta aktivitas di dunia digital yang sesuai dengan tahap perkembangan anak.
2. Memahami Tantangan dan Hambatan sebagai Orangtua Tantangan terbesar orangtua adalah tidak menjadikan pendampingan anak di dunia digital sebagai prioritas atau menganggap anak akan paham dengan sendirinya. Hindari berlindung dari keadaan bahwa diri kita gaptek sehingga tidak perlu belajar lebih jauh mengenai dunia digital.
3. Komunikasi Efektif
Pastikan cara berkomunikasi orangtua pada anak mencapai tujuannya yaitu memenuhi kebutuhan anak dan sesuai dengan dengan tujuan pengasuhan. Pastikan sikap dan ucapan kita memberikan dampak positif, bukan sebaliknya.
4​. Membuat kesepakatan bersama
Buat kesepakatan akan penggunaan teknologi yang disepakati bersama anak dan konsisten dalam menjalankannya. Penting bagi orang tua untuk turut melibatkan anak dalam membuat kesepakatan, dengan demikian anak merasa pendapatnya dihargai dan dianggap penting sehingga dapat menerapkannya dengan tepat.
Sebagai bagian dari perayaan Hari Anak Nasional, Shopee juga mengadakan kampanye Hari Anak Nasional dari 21 hingga 23 Juli​. Pengguna dapat menikmati diskon hingga 70% dari beragam kategori termasuk mainan, perlengkapan bayi, dan buku anak-anak.
Untuk tahu kampanye Hari Anak Nasional, kunjungi: https://shopee.co.id/m/harianaknasional.
Untuk tahu acara BincangShope selanjutnya kunjungi: http://www.shopee.co.id/bincangshopee.

###

Tentang Shopee
Shopee merupakan perusahaan e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan. Shopee merupakan wadah yang secara khusus disesuaikan untuk kebutuhan pasar Asia Tenggara, yang menyediakan pengalaman belanja online yang mudah, aman, dan fleksibel untuk para pelanggan melalui sistem pembayaran dan dukungan sistem logistik yang kuat.

Shopee berkeinginan untuk terus meningkatkan kualitas platform dan menjadi tujuan pilihan e-commerce di kawasan ini. Shopee memiliki beragam pilihan kategori produk yang luas, mulai dari
elektronik, perlengkapan rumah, perawatan & kesehatan, bayi & anak, fashion , serta perlengkapan olahraga.
Shopee, bagian dari Sea Company , pertama kali diperkenalkan di Singapura pada 2015, dan telah memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Sea
merupakan pemimpin di industri hiburan digital, e-commerce , dan keuangan digital di Greater Southeast Asia . Misi Sea adalah untuk membuat kehidupan yang lebih baik bagi para konsumen dan juga usaha kecil melalui teknologi. Sea sudah terdaftar di NYSE di bawah simbol SE.

Leave a Reply