Dari JFW Model Search Menuju Face of Asia 2019

0
10

Jakarta, 10 Juni 2019 – Jakarta Fashion Week Model Search, atau yang biasa dikenal sebagai JFW Model Search, merupakan sebuah kompetisi yang telah rutin diselenggarakan sejak tahun 2012 untuk mengaudisi model-model yang akan berjalan di runway Jakarta Fashion Week. Melirik besarnya potensi talenta model Indonesia serta profesionalitas Jakarta Fashion Week sebagai kurator bakat dengan panggung terbesar di Asia Tenggara, Korea Model Association, akhirnya meresmikan kerja sama melalui Nota Kesepahaman yang telah ditandatangani pada 4 Mei 2018 lalu.

This slideshow requires JavaScript.

Dengan demikian, Jakarta Fashion Week menjadi kanal resmi untuk menyalurkan talenta model ke ajang internasional tersebut, termasuk untuk menominasikan penghargaan Indonesia Model Star. Setiap tahunnya, melalui JFW Model Search, Indonesia akan mengirimkan lima orang peserta sebagai Face of Indonesia untuk bersaing dengan peserta dari setidaknya 27 negara di Asia.

Dilangsungkan di empat kota besar, JFW Series: Model Search tahun ini telah dilaksanakan di Jogja City Mall, Yogyakarta (8-10 Februari 2019), Tunjungan Plaza VI, Surabaya (22-24 Februari 2019), Cambridge City Square, Medan (9-10 Maret 2019), dan Gandaria City, Jakarta (22-24 Maret 2019). Sejumlah 800 peserta telah mendaftar dan mengikuti audisi sepanjang penyelenggaraan JFW Series: Model Search tahun ini.

Dewan juri yang terdiri atas Ai Syarif (Creative Advisor Jakarta Fashion Week), Wita Juwita (Face of Jakarta Fashion Week), Panca Makmun (Senior Choreographer), Erwin Suganda (Creative Director UBS Gold), dan Stephanie Lie (Brand Manager Make Over Indonesia), mendampingi Yang Eui Sig (Asia Model Festival Organizing Chairman) memilih lima model sebagai Face of Indonesia.

Lima model yang terpilih untuk berkompetisi di Asia Model Festival sebagai Face of Indonesia dan memperebutkan gelar Face of Asia adalah Ayu Maulida (Surabaya), Zian Alfin Mubarak (Semarang), Alfirda Alifia (Jakarta), Chelsea (Jakarta), dan Joelleo Pollock (Bali). Mendampingi mereka sebagai Indonesia Model Star tahun ini, yang juga berpartisipasi sebagai mentor dan juri, adalah model senior Laura Muljadi.

Tahun ini, setelah tiga kali berpartisipasi melalui Jakarta Fashion Week, Indonesia berhasil menyabet Grand Prize Face of Asia. Gelar prestisius ini diberikan kepada Ayuma, sapaan Ayu Maulida, yang menjadi salah satu pemenang JFW Model Search Surabaya.

Selain itu, Ayuma mendapat beberapa gelar lainnya –  juara kedua dalam voting yang diadakan Dr. Oracle, produk perawatan kulit kenamaan Korea Selatan. Urutan ketiga dan keempat secara berturut-turut diraih Leo, sapaan Joelleo Pollock, dan Zian, nama panggilan Zian Alfin Mubarak. Sementara itu, Chealsea menunjukkan kelenturan dan kemampuan adaptasi yang mumpuni dan meraih Best Team dalam K-Pop Dance Master Contest dalam Asia Model Festival bersama beberapa kandidat lainnya.

Dalam festival megah ini, Jakarta Fashion Week juga mengirimkan satu desainer Indonesia Fashion Forward untuk memamerkan koleksi terbarunya di panggung Asia Model Festival 2019, yaitu Jll by Gloria Agatha.

Leave a Reply