Mon. Mar 25th, 2019

KONAMI Dukung Kompetisi eSports di Asian Games 2018

Para pembicara (ki-ka) Ponaryo Astaman, Setia Widianto, Takayuki Kurumada, Elga Cahya Putra, dan Eddy Lim berfoto bersama dalam acara jumpa media yang diselenggarakan oleh KONAMI.

 

Ini adalah kali pertama eSports masuk kedalam Asian Games sebagai sebuah ajang kompetisi demonstrasi. Dalam kompetisi eSports ini terdapat enam permainan yang dipertandingkan dan salah satunya ialah PRO EVOLUTION SOCCER 2018 yang merupakan game produksi KONAMI.

JAKARTA- KONAMI turut mendukung kesuksesan penyelenggaraan Asian Games 2018 yang merupakan ajang pesta olahraga terbesar di Asia. Asian Games 2018 kini tengah diselenggarakan di Jakarta dan Palembang sejak 18 Agustus 2018 hingga 2 September 2018.

Kali ini Asian Games menambahkan eSports sebagai salah satu pertandingan demonstrasi untuk pertama kalinya. Untuk pertama kalinya juga, eSports dimasukan sebagai sebuah kategori dalam ajang pesta olahraga tingkat internasional. Dalam kategori eSports ini terdapat enam game yang akan dipertandingkan dan salah satunya adalah PRO EVOLUTION SOCCER (PES).

Pada Jumat, 24 Agustus 2018, KONAMI mengadakan sebuah diskusi media yang membahas tentang kehadiran eSports dalam Asian Games 2018 dan partisipasi atlet PES Indonesia. Acara ini turut serta menghadirkan Takayuki Kurumada selaku Deputy Division Director of Promotion Planning Division, Konami Digital Entertainment Co., Ltd., kemudian Eddy Lim selaku Ketua Umum Indonesia eSports Association, kemudian perwakilan Indonesia dalam kompetisi PES di Asian Games 2018 yakni Setia Widianto dan Elga Cahya Putra, dan juga Ponaryo Astaman selaku mantan kapten tim nasional sepakbola Indonesia.

“PES2018 adalah satu-satunya game olahraga yang dipilih menjadi pertandingan demonstrasi di Asian Games 2018. Saya rasa PES2018 dipilih karena permainan ini cukup bersahabat dengan mereka yang bahkan jarang bermain game. Ditambah lagi PES juga memiliki banyak persamaan dengan olahraga sepakbola,” ungkap Takayuki Kurumada, Deputy Division Director of Promotion Planning Division, Konami Digital Entertainment Co., Ltd.

Kompetisi eSports di Asian Games 2018 akan dilangsungkan dari tanggal 26 Agustus 2018 dan untuk pertandingan PES sendiri akan diadakan pada tanggal 1 September 2018. eSports adalah industri yang sedang berkembang, jumlah penggemarnya terus bertambah setiap harinya di seluruh dunia.

“Saya yakin banyak dari kalian yang mulai mengenal eSports ini karena Asian Games. Maka dari itu, kami sebagai salah satu perusahaan yang menawarkan permainan untuk dipertandingkan ikut bekerjasama dengan tim penyelenggara untuk membuat kompetisi ini kaya akan konten. Kita juga terus mendukung pengakuan atas seri game PES melalui para pemainnya dan juga melalui kompetisi,” tambah Kurumada.

Karena eSports kini sudah menjadi bagian Asian Games 2018, eSports sudah semakin diakui sebagai bagian dari olahraga. Para pemainnya juga bisa disebut sebagai atlet karena mereka berlatih keras setiap hari seperti para olahragawan lain, mereka juga memiliki penggemar yang mendukung mereka saat pertandingan berlangsung.

“Ada berbagai macam cara untuk menikmati eSports selain sebagai pemain, kalian juga bisa menikmati eSports dengan menonton pertandingan baik langsung maupun melalui siaran atau video. Ini bisa menjadi kesempatan untuk menyebarkan keseruan dari eSports kepada mereka yang belum pernah mencoba bermain,” tambah Kurumada.

“Dalam industri eSports pun, untuk menjadi seorang pemain eSports yang hebat dibutuhkan kerja keras, berpikir cerdas, dan juga tekad yang kuat. Yang penting kalau mau main itu fisik harus kuat dan prima,” ungkap Eddy Lim, Ketua Umum Asosiasi eSports Indonesia.

Setia Widianto dan Elga Cahya Putra yang merupakan atlet perwakilan Indonesia dalam Asian Games 2018 pada kompetisi PES, mengungkapkan kegembiraan mereka sebab industri eSports kini semakin dikenal luas oleh masyarakat.

“Ada sebuah unsur penting dalam eSports yakni kompetisi, ada pihak yang menang dan ada yang kalah. Sama seperti olahraga pada umumnya. Kompetisi yang berlangsung juga memiliki aturan-aturan yang sudah disepakati sehingga nuansa persaingan juga tak terhindarkan,” ungkap Setia Widianto mengenai kesamaan eSports dan olahraga tradisional.

Ponaryo Astaman juga sependapat dengan Setia Widianto bahwa terdapat nuansa persaingan antar pemain dalam dunia olahraga. Dalam sebuah kompetisi akan terdapat pihak yang menang dan pihak yang kalah, namun sportifitas harus tetap dijunjung.

“Tidak boleh ada kecurangan dalam bertanding, setiap pihak harus bisa menerima apapun hasilnya baik menang ataupun kalah,” ungkap Ponaryo, mantan kapten tim nasional sepakbola Indonesia.

“Saya juga sebetulnya senang bermain game ini. Sejak kecil saya suka main game PES ini bersama keluarga, saudara, dan teman-teman saya. Ini adalah sebuah permainan yang memiliki banyak kenangan masa kecil bagi saya,” lanjut Ponaryo.

Setia Widianto dan Elga Cahya Putra juga menambahkan bahwa mereka kini merasa bangga bisa mewakili Indonesia dan tengah berlatih keras untuk menghadapi Asian Games 2018. “Suatu kebanggaan bagi saya dan komunitas bisa tampil sebagai atlet di Asian Games, karena sekarang bermain game bukan lagi sekedar hobi, tapi sudah menjadi profesi yang membanggakan, bisa meraih prestasi dan bahkan mengharumkan nama Bangsa Indonesia,” ungkap Setia Widianto.

“Kami akan mulai berlatih intensif mulai tanggal 25 Agustus besok. Kami berharap rekan-rekan pecinta olahraga sepakbola dan game PES khususnya dapat mendukung kami ‘timnas’ PES yang akan bertanding melawan negara Asia lainnya pada tanggal 1 September nanti,” lanjut Elga Cahya Putra.

Selain di Asian Games 2018, KONAMI juga bekerjasama dengan komunitas dari berbagai belahan dunia. Sejak 2001, KONAMI sudah mengadakan kompetisi eSports di Eropa. Saat ini KONAMI memiliki turnamen ‘PES LEAGUE’ yang merupakan turnamen PES resmi sedunia dari KONAMI.

Seri game PES adalah produk video game dari KONAMI yang sudah dinikmati lebih dari 20 tahun sejak tahun 1995 sebagai sebuah game konsol. Jumlah keping yang terjual secara keseluruhan di seluruh dunia mencapai lebih dari 100 juta kopi, dikarenakan juga game ini memiliki kualitas gambar dan ekspresi yang tinggi dan juga kemudahan dalam beroperasi.

Pada 30 Agustus 2018, KONAMI akan merilis seri terbaru dari PES yakni PES 2019 yang bisa dimainkan melalui computer, PlayStation 4, dan juga Xbox One.

 

PROFIL PERUSAHAAN
Nama: Konami Digital Entertainment Co., Ltd.
Kantor Pusat: 9-7-2, Akasaka, Minato-ku
Tokyo, 107-8324 Japan
Telepon: 03-5771-0573

Wakil: Representative Director, Chairman Osamu Nakano
Representative Director, President Hideki Hayakawa

Berdiri: 31 Maret 2006
Pekerja: 1.498 (per 31 Maret 2018)

SEJARAH PERUSAHAAN
Tentang Konami Grup
Konami Grup berdiri pada tahun 1973, dengan memulai sebagai produsen mesin hiburan untuk game arcade. Selama bertahun-tahun, Konami terus bertumbuh dengan mengembangkan berbagai unit bisnis yang berbeda. Saat ini, KONAMI HOLDINGS CORPORATION memiliki unit bisnis dalam bidang Hiburan Digital, Hiburan, Permainan  Sistem, dan Bisnis Kesehatan & Kebugaran. Konami mulai masuk pasar saham Osaka Securities Exchange pada tahun 1984, Bursa Saham Tokyo pada tahun 1988, dan Bursa Efek London pada tahun 1999.

Tentang Konami Digital Entertainment
Konami Digital Entertainment, merupakan perusahaan inti Konami Grup, mengembangkan konten hiburan untuk permainan seluler, konsol dan kartu. Perusahaan ini dikenal dengan waralaba global seperti Pro Evolution Soccer, Metal Gear, Silent Hill, Castlevania, dan Contra, serta Yu-Gi-Oh! seri permainan kartu perdagangan.

PRODUK PERMAINAN
Berikut ini adalah beberapa contoh video games dari KONAMI.

SUPER BOMBERMAN   METAL GEAR SURVIVER  PES2018  ZONE OF THE ENDERS     THE 2nd RUNNER – M∀RS

Selain permainan di atas, KONAMI juga memproduksi beberapa game terkenal seperti seri permainan kartu Yu-Gi-Oh!, lalu game Castlevania, Silent Hill, dan juga Contra.

PRO EVOLUTION SOCCER DI ASIAN GAMES 2018
Kompetisi eSports akan dimulai pada 26 Agustus dan kompetisi PES akan diadakan pada 1 September 2018. Berikut ini adalah beberapa perwakilan negara yang akan berkompetisi dalam pertandingan untuk gelar nomor satu di Asia.

Tim akan dibagi menjadi dua grup dan bersaing dalam format round-robin, dengan total tiga pertandingan (1-lawan-1, 2-lawan-2, 1-lawan-1). Dua tim dengan poin tertinggi di masing-masing grup akan maju ke putaran final dimana setiap tim juga akan memainkan total tiga pertandingan dengan tim pertama yang memenangkan dua pertandingan diantaranya berhak maju ke pertandingan berikutnya.

Tentang Inisiatif eSports KONAMI
eSports, sebuah istilah yang merujuk pada sebuah permainan yang dimainkan sebagai kompetisi olahraga, kini semakin populer terutama di Amerika Serikat dan Asia. Jumlah penonton eSports yang menyaksikan melalui tayangan siaran maupun menghadiri pertandingan secara langsung sudah mulai menyaingi jumlah penonton olahraga tradisional. KONAMI telah menyelenggarakan Kejuaraan Dunia untuk game PES sejak 2001 dan juga untuk “Yu-Gi-Oh! Trading Card Game" sejak 2003. Untuk pasar domestik, pada tahun 2016 Konami meluncurkan Kejuaraan Jepang untuk seri Powers Powerful Pro (Jikkyou Pawafuru Puroyakyu) yang disiarkan secara langsung. Melalui inisiatif tersebut, Konami bekerja untuk lebih menghidupkan dan memperluas pasar eSports.

Tentang Seri PRO EVOLUTION SOCCER
Produk unggulan dari KONAMI yakni seri game sepakbola PES telah dinikmati selama lebih dari 20 tahun, sejak kelahirannya sebagai sebuah game konsol pada tahun 1995. Secara global, seri game ini telah terjual lebih dari 100 juta kopi hingga saat ini, dengan berbagai elemen seperti visualisasi nyata dan kontrol yang dinilai tinggi oleh penikmatnya di seluruh dunia. Seri game ini juga berkembang baik dalam kompetisi eSports; sesuatu yang dimulai sebagai sebuah turnamen regional di Eropa pada tahun 2001 kini telah berkembang menjadi PES LEAGUE, kejuaraan dunia eSports yang diadakan setiap tahunnya. Selain itu, seri ini semakin menarik perhatian sebagai salah satu permainan yang dilombakan dalam kompetisi eSports baik di dalam maupun maupun di luar negeri. Permainan ini juga telah dipilih sebagai bagian program budaya dari Kompetisi Atletik Jepang di Ibaraki, Jepang (Iki Iki Ibaraki Yume Kokutai) – Festival Olahraga Nasional ke-74, sebagai serta terpilih untuk menjadi bagian dari kompetisi yang dilombakan di Asian Games ke-18 – Jakarta Palembang.

Seri terbaru dari game PES yaknii PES 2019 akan dirilis pada 30 Agustus 2018 di seluruh dunia.

Mengenai Permainan PES pada Perangkat Seluler
Selain pada perangkat Komputer, PlayStation dan juga Xbox One, game PES juga tersedia di perangkat seluler. Hal ini memungkinkan pemain untuk merasakan permainan sepakbola yang mendebarkan dan realistis di perjalanan. Game ini tersedia untuk basis iOS dan Android.
Permainan PES di perangkat seluler disesuaikan dengan perangkat layar sentuh. Gerakan pemain alami, operan akurat, dan taktik yang mendalam akan membawa pengalaman nyata dari sebuah permainan yang indah ke perangkat seluler Anda.
Di sini anda dapat menghadapi teman-teman anda kapan saja dan di mana saja. Jika anda ingin bermain dengan santai melawan orang-orang disekitar anda, hal tersebut dapat
dilakukan melalui fitur Local Matches dan Local League di mana anda dapat membuat sebuah turnamen pertandingan.

Leave a Reply

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
%d bloggers like this: