PANASONIC GOBEL AWARDS KE – 22 Berikan Apresiasi Tertinggi Bagi Industri Kreatif Indonesia

0
5

Jakarta, 17 Oktober 2019 – Pesatnya teknologi yang berkembang saat ini membawa angin segar di Industri kreatif Indonesia, pasalnya kemajuan teknologi ini memberikan banyak ruang untuk berekspresi dan memanfaatkan peluang-peluang yang ada bagi para pelaku industri kreatif untuk menunjukan karya-karya mereka. Banyaknya ruang ini juga membuat profesi seperti kreator konten mulai bermunculan.

This slideshow requires JavaScript.

Tahun 2019 dinilai merupakan masa peralihan dari media konvensional ke digital. Konten kreator saat ini hadir seiring dengan berkembangnya dunia digital yang menyuguhkan suatu tayangan fresh dan banyak disukai. Namun, masa depan kreator konten sudah tampak terlihat begitu cerah. Salah satu platform yang paling populer, yaitu Youtube, kini telah menjadi sebuah media baru bagi masyarakat selain televisi.

Memasuki tahun penyelenggaraan yang ke 22 kalinya, Panasonic Gobel Award (PGA) hadir dengan tema “Creatorland” untuk memberikan apresiasi bagi pelaku industri kreatif baik di televisi maupun di dunia digital. Hal ini merupakan salah satu bentuk komitmen Panasonic dalam mendukung hasil karya anak bangsa dalam bidang industri kreatif.

Viya Arsawireja, Head of Corporate Communication PT Panasonic Gobel Indonesia, mengatakan “Kami percaya bahwa eksistensi Panasonic selama 59 tahun di Indonesia tak lepas dari peran industri pertelevisian Indonesia. Panasonic terus berupaya untuk memberikan apresiasi tertinggi bagi seluruh insan pertelevisian Indonesia melalui perhelatan PGA. Dengan munculnya berbagai ruang untuk berekspresi seperti YouTube dan media sosial lainnya, kami yakin potensi industri kreatif di Indonesia akan terus berkembang.”

“Sejak PGA pertama kali diadakan pada tahun 1997, Panasonic berkomitmen untuk terus mendukung industri pertelevisian nasional. PGA ke-22 ini merupakan komitmen yang berkesinambungan dari Panasonic untuk terus mendukung industri kreatif di Indonesia yang semakin maju setiap tahunnya. Kami berharap melalui perhelatan PGA ini, para pelaku industri  kreatif dapat lebih termotivasi dan memberikan tayangan serta informasi terbaik bagi masyarakat Indonesia.” ujar Viya.

Seluruh proses seleksi kategori merupakan pilihan masyarakat sehingga mencerminkan kebanggaan mereka terhadap industri pertelevisian dan kreatif Indonesia. Adapun sistem seleksi nominasi Panasonic Gobel Awards berdasarkan suara terbanyak hasil dari jajak pendapat pemirsa televisi melalui survey yang dikelola oleh Roy Morgan Research dan telah melibatkan 1.700 orang di 23 kota besar, 21 kota kecil di 17 propinsi Indonesia, termasuk Mataram, Ambon dan Jayapura untuk menentukan 24 kategori nominasi yang terdiri dari 12 kategori Program, 8 kategori individu, 4 kategori kreator konten digital.

 

Selain itu, dengan visi dan tujuan yang sama mengenai kepedulian akan apresiasi di bidang seni dan kreatifitas, penyelenggaraan PGA ke-22 tahun ini didukung juga oleh Blibli.com dan PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk sebagai sponsor. Merupakan kebanggaan bagi Panasonic dapat bekerjasama dengan Blibli.com dan  PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk dalam penyelenggaraan PGA ke-22 kali ini.

“Dalam proses voting tahun ini, PGA menambahkan platform digital untuk menyesuaikan perkembangan jaman dan teknologi, yaitu menggunakan aplikasi Blibli.com dan Vidio.com. Harapannya masyarakat Indonesia dapat mendukung nominasi favorit mereka dengan mengakses aplikasi Blibli.com dan Vidio.com. Kami yakin hal ini akan dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi dan mendukung para nominasi favorit mereka di PGA ke-22. ” Ujar Viya Arsawireja.

Untuk mendukung para nominasi yang sudah terpilih di setiap kategorinya, masyarakat Indonesia dapat berpartisipasi dalam proses voting yang akan dimulai sejak 18 Oktober 2019 hingga 15 November 2019  pukul 23:59 WIB dengan cara sebagai berikut (1 Vote 1 ID) :

  1. Vote melalui SMS polling ke nomor 99386 dengan keyword : PGA <spasi> [nomor kategori] [alfabet nominee]
  2. Vote melalui aplikasi blibli.com
  3. Vote melalui aplikasi vidio.com

Keterangan lebih lanjut mengenai mekanisme voting dapat diakses melalui website http://www.panasonicgobelawards.com.

Penyelenggaraan Panasonic Gobel Awards ke-22 ini juga melibatkan berbagai pihak untuk memberikan proses penilaian yang adil dan akurat. Demi menjaga independensi Panasonic Gobel Awards ke-22 serta memastikan bahwa proses penilaian dilakukan secara komprehensif, maka perhitungan dan validasi hasil voting dilakukan melalui proses audit oleh Kanaka Tanudiredja sebagai lembaga auditor yang independen.

“Untuk mensukseskan acara PGA awarding yang akan berlangsung pada tanggal 6 Desember 2019 nanti di The Tribrata,  perhelatan malam puncak penghargaan PGA ke-22 ini akan disiarkan secara langsung oleh IVM sebagai official media broadcasting PGA ke-22. Kami berharap penyelenggaraan Panasonic Gobel Awards ke-22 mampu memberikan inspirasi untuk para insan kreatif Indonesia dalam menghadirkan inovasi yang lebih baik setiap tahunnya.” tutup Head of Corporate Communication, Viya Arsawireja.

Leave a Reply