Pengunjung Menantikan Tradisi Cuci Gudang Produk dari Para Peserta Pameran

Suasana kegiatan seminar "Digital Kreatif untuk Kewirausahaan" oleh Bapak Rudi D. Muliadi - Ketua APKOMINDO DKI Jakarta di Activity Room Indocomtech 2018.

Luangkan Akhir Pekan Bersama Keluarga di Indocomtech 2018

This slideshow requires JavaScript.

Jakarta, 3 November 2018 – Indocomtech 2018, pameran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terkemuka di tanah air yang telah memasuki usia ke-26, selalu ditunggu kehadirannya oleh
masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Pameran yang digelar di Hall A dan Hall B Jakarta Convention Center dari 31 Oktober – 4 November 2018 ini selalu terlihat ramai hingga hari keempat
pelaksanaannya. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Indocomtech 2018 biasanya mengalami lonjakan jumlah pengunjung di akhir pekan.

Seakan menjadi tradisi, kebanyakan pengunjung memanfaatkan akhir pekan untuk mencari hiburan atau berbelanja. Indocomtech 2018 seakan menjadi jawaban bagi pengunjung yang membutuhkan peranti-peranti teknologi terkini seperti gadget, smartphone, laptop, dan aksesoris untuk mendukung aktivitas dan gaya hidup masa kini. Apalagi setiap pengunjung yang berbelanja Rp500.000 atau kelipatannya akan memperoleh kesempatan mengisi kupon doorprize berhadiah sepeda motor yang akan diundi di acara penutupan Indocomtech 2018, Minggu, 4 November 2018.

Kebanyakan dari pengunjung mendatangi Indocomtech untuk membeli atau bahkan menukar gadget lamanya dengan yang baru, karena beberapa dari peserta Indocomtech 2018 mengadakan trade in yang hanya berlaku di Indocomtech saja. Hal ini tentu saja dimanfaatkan beberapa pengunjung yang mendatangi acara Indocomtech tahun ini.
“Saya kesini ingin tukar iPhone 8 saya dengan iPhone X, saya lihat infonya ada trade in dari iBox di Indocomtech 2018, makanya saya sempetin kesini” ujar Adri, salah satu pengunjung asal Jakarta Selatan, yang setiap tahun selalu datang ke pameran.

Kids Area pada gelaran Indocomtech 2018 tak luput dari perhatian pengunjung terutama pengunjung yang membawa anak-anaknya di akhir pekan, sembari berbelanja dan mengenalkan
teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia. Para orangtua bisa memanjakan anak-anaknya di kids area yang disediakan oleh Houbii yang menyediakan hiburan dan aktivitas seru bagi anak-anak, sehingga Indocomtech 2018 juga dapat menjadi pilihan keluarga untuk menghabiskan waktu di akhir pekan.
“Begitu tahu bakal ada pameran Indocomtech tahun ini dibuka, saya sekeluarga udah punya niatan datang, jauh-jauh dari Bogor. Saya sama suami saya itu tertarik banget sama HP Samsung yang
terbaru series A7 yang RAM nya 6GB, tadi juga saya sama anak-anak main juga ke Houbii yang ada di Indocomtech, lumayan jadi hiburan untuk anak-anak saya,” ungkap Reni dan Irfan, pengunjung Indocomtech 2018 asal Bogor.

Hal menarik dari gelaran Indocomtech 2018 adalah kehadiran SMK Corner yang diikuti oleh beberapa SMK di Indonesia salah satunya adalah SMK Taruna Bhakti yang menampilkan hasil
karyanya yaitu sistem absen online berbasis aplikasi, yang uniknya aplikasi ini bisa di unduh oleh orang tua murid melalui gadgetnya sehingga para orang tua bisa memantau anak-anak hadir di
sekolah.
“Sistem absen online ini sudah dioperasikan di SMK Taruna Bhakti, SMK Pasundan dan SMK Pasundan 2, dengan cara tapping kartu pelajar atau KTP pada mesin yang sudah terintegrasi dengan
aplikasi, nantinya kehadiran siswa akan langsung terekam dan masuk ke dalam aplikasi, jadi mencegah siswa untuk bolos sekolah juga, karena aplikasinya bisa di download oleh para orang tua,” ujar Stefanus Juniarta, Tim Multimedia SMK Taruna Bhakti.

Tak luput dari perhatian pengunjung, ada juga karya dari SDN 10 Regol Garut, yaitu Saron Simulator, Saron merupakan salah satu nama alat musik gamelan. Hadirnya Saron Simulator ini sebagai salah satu jawaban akan keinginan siswa-siswi yang ingin memainkan gamelan namun terhalang oleh biaya penyewaan alat gamelan yang mahal. Kemudian aplikasi android Mere (memberi dalam bahasa Sunda), juga singkatan dari Metakeun Rerencangan yang artinya Memetakan Teman. Sebuah aplikasi pemetaan partisipatif masyarakat dalam hal ini pelajar SD untuk memudahkan pelajar dari keluarga miskin untuk mendapatkan bantuan dari donatur. Mere menjadi 10 Inovasi Terbaik

Pemanfaatan Informasi Geospasial 2017 dari Badan Informasi Geospasial RI dan mendapatkan Merit Award APICTA Awards 2018 Guangzhou yang diselenggarakan pada 10 – 13 Oktober 2018 yang lalu.

Ragam Promo Akhir Pekan
Promo melimpah hadir di Indocomtech 2018 salah satunya promo blibli.com mulai dari diskon hingga 90%, Program Spin & Win untuk mendapatkan Samsung Galaxy S9 seharga Rp.10.000,- yang hanya berlaku di Indocomtech 2018 saja, tak hanya itu trade in promo printer, mouse, kamera dan headphone juga tidak ketinggalan menjadi salah satu promo blibli.com, disamping itu online flash sale dengan diskon hingga 60% disuguhkan blibli.com selama gelaran Indocomtech mulai 31 Oktober – 4 November 2018, dari pukul 10.00 -20.00 hanya di blib.li/flash-ict.
“Animo orang datang ke booth blibli.com, yang paling keliatan itu ketika lelang online, dan flash sale juga”, Tutur Heo, Brand Activation Blibli.com Pelengkap gadget atau accessories mulai dari V-GeN, Adonit, Loly Poly, dan Jabra juga memberikan promo menarik di Indocomtech 2018. V-GeN memberikan promo cashback hingga Rp178.000 ditambah juga dengan merchandise gratis, lalu Loly Poly yang memberikan special price untuk stereo headphone, phone case dan tempered glass juga ada diskon 10% untuk headset, home charger hingga kabel USB, kemudian Adonit yang memberikan promo diskon hingga 43% untuk produk stylus, wireless fast charger, smartphone photography dan masih banyak lagi, dan promo ini hanya berlaku di Indocomtech 2018.

Jangan lewatkan juga promo dari Houbii, tiket seharga Rp. 175.000,- bisa didapatkan untuk menikmati fasilitas Houbii di Pondok Indah seharian penuh, promo ini hanya berlangsung di
Indocomtech 2018, namun tiketnya berlaku hingga akhir Desember 2018. Untuk pecinta papercraft Ichinogami hadir dengan memberikan diskon 50% dari harga website, gratis workshop pembuatan papercraft di booth dan akan mendapatkan satu pattern papercraft maskot Indocomtech 2018 untuk setiap pembelian produk papercraft Ichinogami.

Seminar dan Talkshow
Selain eksibisi produk gawai, ponsel pintar, Virtual Reality, dan peranti-pakai (wearable device) dari merek-merek terkenal, pada hari ketiga Indocomtech 2018 juga menyelenggarakan seminar dan talkshow teknologi yang ditujukan bagi para pengunjung Indocomtech 2018, dengan tema-tema menarik. Salah satunya adalah Talkshow Pengembangan mobile apps “Eats Up” oleh Rumah Sakit UI yang berlangsung di Main Stage, Pre Function Hall B, JCC.

Menurut paparan Dr. Rina Agustina, kemenkes baru saja mengumumkan tingkat obesitas dari awalnya 10% menjadi 22%, tentunya hal ini menjadi acuan untuk mengambil berbagai strategi agar
bisa memberikan solusi, salah satunya adalah ajakan untuk mengonsumsi gizi seimbang, namun efek diet gizi seimbang sendiri ternyata belum pernah dievaluasi secara konvensional atau secara scientific. Permasalahan yang seringkali dihadapi adalah kepatuhan dalam mengikuti program diet jangka panjang. Oleh karena itu Rumah Sakit UI membuat aplikasi Eats Up yang memiliki fitur-fitur yang menarik.
Kemudian di activity room Bapak Rudi D. Muliadi membawakan seminar dengan tema Digital Kreatif untuk Kewirausahaan yang diikuti oleh siswa-siswi SMK. Dalam seminarnya beliau ingin menunjukan dan mengajarkan kepada siswa-siswi SMK bahwa teknologi digital printing atau print art dapat membantu sebuah kewirausahaan yang mereka buat sendiri.
“Teorinya sederhana, seperti tinta apa yang dipakai, kenapa harus tinta tersebut, printernya printer yang bagaimana, kertas yang dipakai, pemanasnya semua kita tampilkan disini. Setelah itu, kita praktekkan, dengan menggunakan aplikasi yangs standar, karena kebetulan anak-anak disini beragam, rata-rata dari SMK TKJ (Teknik Komputer Jaringan). Kita mempraktekan dengan MS Word atau Power Point. Tujuan kita agar bagaimana mereka bisa melihat proses sederhana, terus mereka bisa jual hasilnya,” ujar bapak Rudi D. Muliadi, Ketua APKOMINDO DKI Jakarta dalam seminar tersebut.
Di hari terakhir Indocomtech 2018 akan digelar Southeast Asia Blockchain Summit 2018, serta di penghujung acara akan ada pengundian doorprize bagi pengunjung yang sudah berbelanja dengan hadiah utama yaitu sepeda motor. Selama pameran berlangsung, penyelenggara menyediakan akses transportasi taksi Blue Bird yang mempermudah pengunjung untuk menjangkau area pameran Indocomtech 2018. Sementara untuk pengunjung dan peserta pameran dari luar Jakarta tersedia hotel Sultan dan Century Park, yang lokasinya cukup berdekatan dengan Jakarta Convention Center.

Leave a Reply