Tanoto Foundation Tingkatkan Taraf Hidup Masyarakat Melalui Program Pendidikan yang Berkualitas

Jakarta, 15-17 November 2018 – Pendidikan adalah kunci untuk memperbaiki kehidupan di masa depan. Untuk itu, pendidikan berkualitas harus dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat. Tema ini menjadi bahasan Tanoto Foundation saat meramaikan Filantropi Indonesia Festival (FIFest) 2018 di Jakarta Convention Center, Jakarta, 15-17 November 2018. Dalam kesempatan ini, Tanoto Foundation berbagi gagasan dan praktik baik program-program yang mendukung pemerintah dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat.

This slideshow requires JavaScript.

“Bapak Sukanto Tanoto dan Ibu Tinah Bingei Tanoto mendirikan Tanoto Foundation atas keyakinan bahwa setiap orang harus mendapatkan kesempatan untuk merealisasikan potensinya secara penuh. Beliau percaya pendidikan yang berkualitas mempercepat munculnya kesetaraan peluang. Kami di Tanoto Foundation mengembangkan potensi individu dan memperbaiki taraf hidup melalui pendidikan berkualitas mulai dari usia dini sampai usia produktif,” kata Satrijo Tanudjojo, CEO Global Tanoto Foundation.

Untuk peningkatan kualitas pendidikan yang lebih efektif dan berdampak luas, Asia Philanthropy Circle (APC), sebuah organisasi yang beranggotakan organisasi-organisasi filantropi di Asia, telah menerbitkan buku panduan Katalisasi Penghidupan Produktif:
Panduan Intervensi Pendidikan Melalui Jalur Akselerasi untuk Skala Besar dan Dampak Maksimal. Dalam buku ini ditekankan empat bidang yang bisa digarap, yaitu kualitas guru, kepemimpinan guru dan tata kelola sekolah, pendidikan kejuruan, serta pendidikan dan pengembangan anak usia dini.

“Tanoto Foundation mengimplementasikan tiga dari empat rekomendasi APC: peningkatan kualitas guru, kepemimpinan guru dan tata kelola sekolah, serta pengembangan anak usia dini. Tanoto Foundation meyakini bahwa organisasi filantropi berperan mendukung pemerintah Indonesia dalam implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).
Komitmen kami di bidang pendidikan selaras dengan SDGs nomor empat, yaitu memastikan pendidikan berkualitas yang layak dan inklusif serta mendorong kesempatan belajar seumur hidup bagi semua orang,” tambah Satrijo Tanudjojo.

Dalam Filantropi Indonesia Festival 2018 ini, Tanoto Foundation mendapat kehormatan ditunjuk sebagai pemimpin Klaster Pendidikan: sebuah forum antara lembaga filantropi pendidikan dan pemerintah untuk membahas sinergi program peningkatan kualitas dan penguatan sistem pendidikan di Indonesia. Dengan diluncurkannya Klaster Pendidikan ini, diharapkan Tanoto Foundation bersama dengan organisasi filantropi lainnya, dapat memperbaiki taraf kehidupan masyarakat di Indonesia melalui pendidikan yang berkualitas.

Tentang Tanoto Foundation
Tanoto Foundation adalah organisasi filantropi yang didirikan oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto atas keyakinan bahwa setiap orang harus mendapatkan kesempatan untuk merealisasikan potensinya secara penuh. Tanoto Foundation memulai kegiatannya pada 1981, saat Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto membangun Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar di Besitang, Sumatera Utara.

Filosofi Tanoto Foundation adalah pendidikan berkualitas mempercepat munculnya kesetaraan peluang. Untuk mencapai visi tersebut, kami mengembangkan potensi individu dan memperbaiki taraf hidup melalui pendidikan berkualitas dari usia dini sampai usia berkarya.
Tiga pilar komitmen Tanoto Foundation adalah Lingkungan Pembelajaran, Pemimpin Masa Depan, dan Riset Medis. Terkait bidang Lingkungan Pembelajaran Tanoto Foundation mendukung
Pengembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Dasar Menengah, serta memperbaiki ekosistem pendidikan melalui program penguatan kapasitas pengelolaan dan kepemimpinan sekolah, peningkatan kapasitas guru, dan partisipasi orangtua dan masyarakat.

Sampai saat ini, Tanoto Foundation telah mendukung 560 sekolah yang menjangkau 50.000 murid dan meningkatkan kapasitas lebih dari 5.100 guru. Dalam bidang Pemimpin Masa Depan, Tanoto Foundation membina calon pemimpin masa depan untuk menciptakan perubahan positif di masyarakat. Hingga saat ini, Tanoto Foundation telah mendukung 7.100 mahasiswa yang bekerja sama dengan 35 perguruan tinggi mitra.

Untuk kegiatan Riset Medis, Tanoto Foundation bermitra dengan lembaga kesehatan di Singapura untuk mengembangkan pengetahuan dan pemahaman tentang kondisi kesehatan yang prevalen di Asia serta menerapkan ilmu pengetahuan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan yang menghambat potensi masyarakat dalam meningkatkan kualitas hidup mereka.

Untuk info lebih lanjut, hubungi:
Niken Suryo, Deputy Head of Communications
Phone: +62 21 392 3189, Fax: +62 21 392 3324
Email: niken_suryo@tanotofoundation.org
Website: www.tanotofoundation.org

Leave a Reply