Telkomsel IIMS 2019: Mengedepankan Produk Lokal Menuju Internasional

0
8

Telkomsel IIMS 2019 menjadi ajang motor show yang konsisten dalam mengedepankan semangat digital serta memperkenalkan produk-produk inovatif karya anak bangsa dalam balutan pameran bertaraf internasional.

This slideshow requires JavaScript.

Jakarta, 25 April 2019 – Menteri Perindustrian Republik Indonesia – Airlangga Hartarto secara resmi membuka pameran otomotif terbesar di Indonesia, Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (25/4). Dalam kesempatan ini, Menteri Perindustrian didampingi oleh Dirjen ILMATE – Harjanto, Komisaris Utama PT Dyandra Media International, Tbk – Lilik Oetama, Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo – Hendra Noor Saleh, dan juga VP Brand Communications Telkomsel – Nirwan Lesmana. Hadir pula Duta Besar Negara sahabat, serta pihak Agen Pemegang Merk (APM) roda empat dan roda dua dan juga perwakilan peserta pameran.

Menteri Perindustrian Republik Indonesia – Airlangga Hartarto menjelaskan, “Kinerja industry otomotif tahun 2018 menunjukkan capaian yang menggembirakan. Di antaranya adalah produksi kendaraan roda 4 atau lebih mencapai 1,34 juta unit atau setara 13,76 USD, dengan ekspor sebesar 346 unit atau setara 4,78 miliar USD di tahun yang sama.”

“Dalam roadmap pengembangan industri kendaraan bermotor, pemerintah menargetkan 20% dari total produksi kendaraan baru di Indonesia sudah berteknologi electrified sehingga dapat mendukung komitmen pemerintah Indonesia untuk dapat menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 29% pada 2030 tanpa bantuan internasional, sekaligus menjaga kemandirian nasional,” tambahnya.

Komisaris Utama PT Dyandra Media International, Tbk yang juga merupakan CEO Kompas Gramedia, Lilik Oetama dalam sambutannya mengatakan bahwa, PT Dyandra Promosindo selaku Professional Event Organizer (PEO) selalu menawarkan beragam inovasi dan perubahan untuk menciptakan dimensi baru dalam pameran otomotif dengan skala internasional.

“Tahun lalu kami berhasil menjadikan IIMS 2018 sebagai event otomotif terbesar di Indonesia yang menerapkan teknologi digital di berbagai aspek seperti tiket digital dan lainnya. Semangat ini secara konsisten kembali kami terapkan pada Telkomsel IIMS 2019 dan sejalan dengan pencanangan industri 4.0 yang ditetapkan oleh pemerintah. Berbagai inovasi juga kami lakukan yang dilandasi kepercayaan di mana tidak hanya menampilkan kendaraan terbaru, tetapi harus dapat merangkul seluruh elemen otomotif demi perkembangan otomotif di Tanah Air,” ujar Lilik.

Kehadiran Telkomsel dan Shopee menjadi terobosan baru. “Selama ini kita mengenal Telkomsel sebagai operator seluler dengan jaringan terluas di Indonesia. Namun sekarang Telkomsel juga merupakan sebuah digital telco company yang menghadirkan berbagai solusi layanan digital yang bermanfaat bagi berbagai industri, termasuk industry otomotif. Sementara Shopee adalah salah satu perusahaan e-commerce yang bisnisnya sedang berkembang, tidak hanya di Indonesia tetapi di Asia Tenggara. Perpaduan Telkomsel dan Shopee menjadikan penyelenggaraan tahun ini lebih variatif dan sangat kental dengan teknologi digital,” tutur Lilik lebih lanjut.

Telkomsel IIMS 2019 diikuti oleh 26 merek kendaraan roda empat dan 17 merek kendaraan roda dua serta lebih dari 350 perusahaan baik lokal maupun internasional. Kendaraan lokal yang hadir di tahun ini adalah produsen kendaraan multifungsi yaitu FIN Komodo serta Gesits sebagai motor listrik pertama karya anak bangsa yang siap dipasarkan. Tidak kalah menariknya adalah kehadiran truk berukuran raksasa yaitu Caterpillar 777E serta peran serta pelaku industri maritime dalam Indonesia Boating Gathering.

Sementara merek kendaraan roda empat yang turut serta pada Telkomsel IIMS 2019, diantaranya Audi, Bentley, BMW, Brand X, Chevrolet, Datsun, DFSK, Dodge, Ferrari, FIN Komodo, Ford, Honda, Hyundai, Jeep, Lamborghini, Mazda, McLaren, Mercedes-Benz, MINI, Mitsubishi, Nissan, Porsche, Suzuki, Toyota, Volkswagen, dan Wuling. Selanjutnya exhibitors kendaraan roda dua, seperti Aprilia, Benelli, BMW Motorrad, Gesits, Harley-Davidson, Honda, Husqvarna, Kawasaki, KTM, Kymco, Lambretta, Moto Guzzi, Piaggio, Royal Enfield, Suzuki, Triumph, hingga Vespa ikut meramaikan ajang Telkomsel IIMS 2019.

“Kami berharap penyelenggaraan Telkomsel IIMS 2019 ini dapat memberikan nilai positif dan memilik idampak yang luas baik kepada masyarakat maupun industri yang terlibat di dalamnya,” ungkap Lilik.

Kolaborasi ke Arah Digital
Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo, Hendra Noor Saleh menjelaskan, saat ini digitalisasi merambah hampir pada seluruh lini dan aspek kehidupan. Digitalisasi memberikan kemudahan dan efisiensi jika dilihat dari berbagai sisi, dan kini merambah ke ranah kegiatan otomotif seperti Telkomsel IIMS 2019 ini yang juga bekerjasama dengan Telkomsel sebagai titling sponsor IIMS 2019.

Melalui semangat #TerusBergerakMaju, kehadiran Telkomsel menandai momentum kolaborasi antara industri otomotif dengan industri teknologi dan informasi di Indonesia. Kolaborasi IIMS dengan layanan dan solusi digital dari Telkomsel juga ditujukan agar para pelaku industri otomotif dapat mengetahui berbagai kemungkinan yang dihadirkan solusi digital dalam mentransformasi bisnis mereka.

“Kami akan selalu memiliki element of surprise dalam setiap penyelenggaraan IIMS. Begitu juga dengan Telkomsel IIMS 2019 yang memadukan banyak elemen, tidak hanya otomotif tetapi industry pendukung lainnya demi kemajuan Indonesia,” jelas Kohen, panggilan akrab Hendra Noor Saleh.

Selain itu, Dyandra Promosindo juga melakukan kolaborasi dengan Shopee sebagai perusahaan e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan. Kini Shopee menjadi official e-commerce dan exclusive online ticketing partner pada ajang Telkomsel IIMS 2019.

Kolaborasi ini akan menawarkan kemudahan, keamanan dan kenyamanan bagi calon pengunjung Telkomsel IIMS 2019 terutama yang membeli tiket masuk secara online. “Kolaborasi ini juga sekaligus menjadi nilai tambah buatTelkomsel IIMS 2019 sebagai event internasional di Indonesia yang kental dengan nuansa digital,” tutur Kohen.

Highlight Pameran Telkomsel IIMS 2019
Pengunjung Telkomsel IIMS 2019 juga dapat menyaksikan salah satu ikon terbaru di event ini, yaitu truk berukuran raksasa, Caterpillar 777E. Truk ini memiliki panjang 10 meter dan tinggi hingga 6 meter dengan kekuatan mesin sebesar 1.004 tenaga kuda. Kehadiran truk raksasa ini akan menjadi ikon dalam penyelenggaraan Telkomsel IIMS 2019.

Belum lagi banyak kegiatan menarik yang disuguhkan pada ajang Telkomsel IIMS 2019, seperti di Center Piece of Carni yang selalu menjadi pusat dari seluruh kegiatan pameran untuk menghadirkan nuansa gembira, meriah, sekaligus memberikan pengalaman berbeda kepada pengunjung.

Area ini dirancang layaknya suatu karnaval melalui bangunan atraktif dan memiliki berbagai program menarik. Belum lagi tersedia Telkomsel Lounge, Shopee Barber Corner, Shopee Relax Area, Shopee Kids Playground, Shopee Beauty Corner, Official Merchandise, hingga 360 Photobooth.

Hadiah Mobil dan Motor untuk Pengunjung
Pengunjung yang membeli tiket secara online melalui Shopee, berkesempatan memenangkan Grand Prize 1 unit Honda Brio RS Automatic yang akan diumumkan pada tanggal 5 Mei 2019. Hadir pula kesempatan mendapatkan undian grand prize berupa 1 unit mobil DFSK Glory 560 Luxury dengan melakukan transaksi di booth Telkomsel selama penyelenggaraan pameran.

Selain itu, pengunjung Telkomsel IIMS 2019 juga bisa menikmati layanan Shopee O2O (online to offline) dari para penjual Shopee yang membuka booth di Telkomsel IIMS 2019. Lebih special dengan penawaran diskon pada layanan Shopee O2O, termasuk lucky draw harian, voucher cashback hingga Rp 500.000, dan cicilan kartu kredit 0% hingga 24 bulan.

Deretan Kendaraan Baru yang Tampil di Telkomsel IIMS 2019
Sebagai hajatan otomotif tahunan yang diselenggarakan oleh Dyandra Promosindo, rata-rata merek yang ikut pameran Telkomsel IIMS 2019 meluncurkan produk baru, bahkan beberapa brand melakukan peluncuran perdana di dunia atau berstatus world premiere.

“Telkomsel IIMS 2019 cukup dipertimbangkan oleh masing-masing merek peserta pameran. Terbukti banyak sekali mobil dan sepeda motor yang melakukan peluncuran di Telkomsel IIMS 2019. Kondisi ini sekaligus menjadikan bukti bahwa pameran ini pun bisa mendorong pergerakan pasar di industri otomotif nasional,” ungkap Hendra Noor Saleh, Direktur PT Dyandra Promosindo.

Merek mobil yang melakukan peluncuran di Telkomsel IIMS 2019 pun cukup banyak, bahkan Suzuki untuk melakukan world premiere Suzuki New Carry. Sedangkan Hyundai juga meluncurkan sport utility vehicle (SUV) Kona untuk pasar otomotif Indonesia.

Tidak berhenti sampai di situ saja, merek asal Eropa seperti BMW ikut memanfaatkan momen Telkomsel IIMS 2019 untuk meluncurkan sedan sport berperforma, yaitu BMW Z4. Merek lain seperti Toyota kembali meluncurkan crossover terbaru untuk menambah line up produk hybrid di Indonesia dengan membawa C-HR Hybrid.

Brand otomotif roda empat asal Jepang yang lain, seperti Mitsubishi telah meluncurkan Mitsubishi Xpander edisi special. Sedangkan Honda ikut memeriahkan event Telkomsel IIMS 2019 dengan meluncurkan BR-V terbaru.

Tak ketinggalan juga brand dari China, seperti Wuling yang resmi meluncurkan Confero dengan transmisi baru, serta Cortez 1.5L yang dibekali mesin turbo. Masih merek dari Tiongkok, yaitu DFSK juga meluncurkan SUV keduanya, Glory 560, sekaligus mengumumkan harga resmi untuk model terbarunya itu di ajang Telkomsel IIMS 2019.

Beranjak ke sepeda motor, yang menjadi pusat perhatian adalah perkenalan versi produksi dari skuter listrik karya anak bangsa, yaitu Gesits. Merek motor asal Indonesia itu mengambil momen Telkomsel IIMS 2019 untuk memperkenalkan versi final dari skuter listrik yang akan resmi dijual pertengahan tahun ini.

Selain itu, salah satu merek legendaris yang juga masuk lagi ke Indonesia adalah Lambretta. Pabrikan motor asal Italia ini meluncurkan Lambretta V200 dan V125. Brand asal Eropa lain, seperti BMW Motorrad juga resmi meluncurkan 6 model sekaligus, seperti BMW S 1000 RR M Package, R 1250 GS dan R 1250 GS Adventure, F 750 GS serta skutik C 400 GT.

Selanjutnya merek Benelli juga meluncurkan Leoncino 250, dan Leoncino 500. Royal Enfield juga memanfaatkan momen Telkomsel IIMS 2019 untuk meluncurkan Twins 650 – Interceptor 650, dan Continental GT 650 cc.

Sementara itu, merek Kycmo meluncurkan skuter Like 150i, KTM meluncurkan 450 SX-F Jeffrey Herling Replica, dan Husquvarna membawa Svartpilen 701 dan FC450 Rockstar Edition. Sebagai pamungkan, PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan skuter adventure yang belum pernah ada sebelumnya di Indonesia, yaitu X-ADV.

Raih Mobil dan Motor Baru melalui Auction!
Kesempatan mendapatkan mobil dan motor baru di pameran Telkomsel IIMS 2019 juga dapat diraih melalui sesi lelang. Kendaraan yang di lelang merupakan kendaraan baru yang dapat pengunjung lihat di hall C3, diantaranya: KIA All New Sportage, Benelli TNT 250, Benelli 200 Evo, Benelli Motobi 152, Moto Guzzi California 1400 Touring SE, Zero Motorcycle DS ZF 9.4, dan Zero Motorcycle DS ZF 12.5. Lelang akan di laksanakan pada tanggal 25 April 2019 pada pukul 12.00 WIB dan selesai pada tanggal 5 Mei 2019 pukul 20:00 WIB. Sedangkan, pengumuman pemenang akan diumumkan pada akhir penyelenggaraan (5/5) pada pukul 21:00 di Booth Auction Telkomsel IIMS 2019.

*

Leave a Reply