The New E 350 EQ Boost: mesin baru dan lebih banyak perlengkapan untuk E-Class

Jakarta. Pengembangan terkini mesin bensin empat silinder dengan kinerja mesin enam silinder berkapasitas tinggi yang mampu mengurangi konsumsi bahan bakar secara signifikan memamerkan debutnya di E-Class. Mesin E 350 EQ Boost mampu menghasilkan 220 kW/299 hp dari kapasitas 1991 cc dan mencapai konsumsi bahan bakar (gabungan) hingga 6,9-6,7l/ 100 km (emisi gabungan CO2: 156-153 g/km). Inovasi teknologi terbaru seperti EQ-Boost starter-Generator, sistem kelistrikan 48Volt on-board dan filter partikulat untuk mesin bensin berkontribusi dalam meningkatkan efisiensi mesin. E 350 EQ Boost menawarkan beberapa fitur perlengkapan standar baru: jok kulit Nappa, Blind Spot Assist dan Active Lane Keeping Assist. Harga yang disarankan untuk the new Boost E 350 EQ adalah Rp 1.499.000.000 off-the-road.

This slideshow requires JavaScript.

Dengan menggunakan mesin dengan teknologi pembakaran terkini di E 350 EQ Boost, Mercedes-Benz secara sistematis melanjutkan strategi CASEnya, melalui konektivitas (Connected), kemudi otonom (Autonomous), penggunaan fleksibel (Shared & Services) dan powertrain listrik (Electric) yang dirancang untuk mengubah mobil menjadi sebuah platform dengan konsep mobilitas masa depan dan interior yang menawarkan pengalaman digital. Langkah kuncinya adalah kehadiran mesin bensin empat silinder terbaru yang mampu menghasilkan output lebih dari 100 kW per liter dengan kombinasi cerdas dari teknologi mesin terkini dan elektrifikasi parsial melalui teknologi 48 V. Dengan output 220 kW / 299 hp dan torsi maksimum 400 Nm, mesin ini melangkah menuju performa yang sebelumnya menjadi wilayah mesin enam silinder kapasitas tinggi kami, namun dengan konsumsi bahan bakar yang jauh lebih ekonomis. Transmisi otomatis 9-speed 9G-TRONIC yang inovatif turut mendukung performa mengemudi yang dinamis dan hemat bahan bakar.

High performance with the characteristics of a hybrid

Fitur spesial di dalam mesin ini adalah turbocharger twin-scroll, belt-driven alternator-starter 48 V (EQ Boost) dan electric water pump 48 V, di mana teknologi modern 48 V on-board memungkinkan starter-alternator menghasilkan efisiensi luar biasa dengan menghadirkan fungsi hybrid.

Dalam istilah praktis inovasi tersebut menghasilkan beberapa fitur berikut

  • Start yang mudah, di mana mesin bereaksi dan berakselerasi hampir tanpa terasa,
  • Boost – fungsi ini dapat meningkatkan pembakaran pada rentang putaran mesin hingga 2.500 rpm dengan output tambahan hingga 10 kW dan torsi 150 Nm dari motor listriknya,
  • pemulihan hingga 12 kW saat pengereman,
  • pengoperasi sesuai karakteristik mesin yang diinginkan,
  • meluncur dengan switch-off mesin otomatis saat kondisi memungkinkan.

Lebih banyak lagi perlengkapan dari E 350 EQ Boost

Selain rentang model yang semakin luas, E 350 EQ Boost juga menawarkan beragam fitur tambahan baru, seperti upholstery kulit dari Nappa, Blind Spot Assist, Active Lane Keeping Assist serta lampu depan LED Multibeam dengan Adaptive Highbeam Assist Plus.

Beberapa fitur unggulan lain dari the new E 350 EQ Boost:
• AMG Line bodystyling,
• AMG Line Interior,
• 19-inch AMG 5-twin-spoke light-alloy wheels,
• Suspensi AGILITY CONTROL dengan sistem peredam dan kerendahan selektif
• KEYLESS-GO
• Fitur convenience untuk menutup kap depan
• Akses HANDSFREE
• Active Parking Assist dengan PARKTRONIC
• Active Brake Assist
• sistem PRE-SAFE®
• Layar kokpit lebar
• Integrasi smartphone untuk Apple CarPlay TM dan Android Auto
• Burmester Surround Sound System

Di bawah kap mesin
Mesin bensin empat silinder new M 264: output penuh tenaga

Mercedes-Benz menghadirkan generasi terbaru sistem pembakaran mesin yang menghadirkan teknologi pionir mesin bensin empat silinder yang menawarkan efisiensi tinggi dan menghasilkan daya yang ramah lingkungan.

Kuncinya adalah keluarga mesin komprehensif yang dikembangkan kembali oleh Mercedes-Benz dalam mesin bensin empat silinder terbaru yang mampu menghasilkan output spesifik lebih dari 100 kW. Mesin ini melangkah maju ke tingkat output yang sebelumnya menjadi wilayah mesin enam silinder kapasitas tinggi kami, namun dengan konsumsi bahan bakar yang jauh lebih ekonomis.

Fitur spesial dari mesin ni termasuk turbocharger twin-scroll, belt-driven alternator-starter 48 V (EQ Boost) dan electric water pump 48 V.

Output spontan setiap saat

Untuk menghasilkan daya output tinggi dan reaksi mesin yang spontan, Mercedes-Benz memilih turbocharger twin-scroll yang, berbeda dengan sistem konvensional, menggabungkan saluran gas buang dari pasangan silinder dengan optimasi aliran pada manifold. Konsep turbocharging dengan pemisahan aliran silinder sistematis ini menghasilkan torsi tinggi dalam kisaran rpm rendah dengan output spesifik tinggi.

Sentuhan pada intake manifold dengan jalur udara yang sangat pendek dan rumah kompresor yang lebih padat juga memastikan reaksi spontan yang lebih cepat terhadap tenaga mesin dan gerakan pedal gas. Twin-scroll Turbocharger juga memiliki electric wastegate actuator yang memungkinkan perubahan cepat yang terjadi dari perubahan tekanan udara.

Untuk mengurangi emisi gas buang, mesin menggunakan injektor piezo yang telah diuji coba dengan menyiapkan kombinasi terbaik, ruang pembakaran yang lebih baik, dan filter partikulat untuk mesin bensin. Langkah-langkah efisiensi lainnya termasuk intake CAMTRONIC dan paket pengurang gesekan.

Sistem listrik 48 V dan starter-alternator memungkinkan fungsi hybrid E 350 EQ Boost menggabungkan teknologi mesin bensin terbaru dengan sistem listrik 48 V, yang dinanfaatkan oleh belt-driven starter-alternator (EQ Boost) dan electric water pump. Keuntungan utama dari sistem kelistrikan on-board 48 V adalah ia menawarkan empat kali kekuatan sistem 12 V pada arus yang sama tanpa menggunakan arsitektur keselamatan tambahan dari sistem kelistrikan tegangan tinggi.

Selain mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi CO2, sistem kelistrikan 48V on-board juga meningkatkan kenyamanan berkendara karena ia mampu menghidupkan mesin pembakaran internal yang membuat kecepatan saat idle terasa sangat halus. Hal ini membantu mengatasi NVH (noise, vibration, harshness) dan menmbuat transisi saat mesin dinyalakan menjadi lebih lembut: di mana mesin kembali berfungsi seolah tidak pernah dimatikan.
Integrasi sistem kelistrikan 48 V on-board juga menawarkan keuntungan untuk beragam fungsi lebih lanjut pada kendaraan di masa depan. Karena tegangannya yang lebih tinggi, daya yang sama hanya membutuhkan seperempat dari arus sistem konvensional. Ini berarti kabel yang digunakan akan semakin tipis dan ringan – yang secara tidak langsung berkontribusi pada penghematan bahan bakar. Sistem kelistrikan 48 V on-board juga membuka jalan untuk perluasan lebih lanjut dari sistem infotainment dan asistensi untuk pengemudi.

Leave a Reply